Kamis, 05 November 2015

Multimode dan Multispektral.

Salam hangat.

Berikut ini adalah entri pertama dari blog yang saya dirikan, sebenarnya sudah agak lama namun saya masih belum memiliki "keberanian" untuk menulis.


Sebagai entri perkenalan kita akan sedikit membahas mengenai apa itu "Multimode" dan "Multispektral", kedua istilah tersebut sudah dikenal luas dalam teknologi persenjataan, pembaca mungkin pernah mendengar istilah "Multimode seeker" seperti pada pranala dibawah.

http://www.onr.navy.mil/en/Media-Center/Fact-Sheets/Multi-Mode-Sensor-Seeker.aspx

Artikel pada pranala diatas membahas mengenai jenis kepala pandu rudal yang dikembangkan oleh angkatan laut Amerika Serikat yang memiliki dua moda operasi yaitu aktif dengan LADAR (sama dengan radar namun berbasis sinar laser) dan pasif dengan IIR (Imaging Infra Red/ Pencitraan Infra Merah).

Paparan diatas menunjukkan bahwa  "multimode" adalah  istilah yang menyatakan bahwa sebuah alat/sensor memiliki lebih dari satu moda operasi, mis aktif dan pasif sekaligus dalam satu wadah.

Sekarang mengenai "Multispektral" Apa itu multispektral ?

Istilah multispektral digunakan untuk mendefinisikan suatu sensor yang dapat bekerja di lebih dari satu bagian spektrum elektromagnetik. Misalnya kombinasi antara sensor Infra merah dan sensor gelombang radio pasif  seperti pada rudal RIM-116 "RAM" (Rolling Airframe Missile)

Rudal RIM-116 RAM

Kepala pandu RIM-116, walaupun  beroperasi secara pasif (hanya menerima emisi dari sasarannya) Memiliki 2 macam penerima yaitu Infra merah yang bekerja di Mid-Wave-IR pada panjang gelombang 3-4 mikrometer. Penerima yang kedua bekerja di gelombang radio/radar yang lebih panjang (mis 3 cm/X-band) dan memanfaatkan prinsip interferometer dimana posisi sasaran ditentukan melalui perbedaan fase gelombang yang diterima oleh antenna yang terpasang di kanan-kiri rudal (berbentuk seperti sungut kecil).

Dengan demikian saya sudah menjabarkan kurang lebih apa itu istilah "Multimode" dan "Multispektral"  Namun tentunya tidak hanya sampai disitu saja dan diakhiri dengan "Merdeka FM turut mencerdaskan bangsa" XP. 

Tentu nantinya akan ada pertanyaan "Apakah ada sensor/senjata/kepala pandu dst yang dapat bersifat multimode dan multispektral sekaligus ?"  Jawabannya adalah Ya.  Terkait dengan semakin berkembangnya teknologi pengacakan elektronik (Jamming/ECM)  Desainer senjata sudah  memprakirakan bahwa platform yang hanya bergantung pada satu macam sensor saja atau satu macam spektrum operasi akan mudah untuk dikacaukan lawan. 

Salah satu contoh  senjata yang dapat disebut "multimode-multispektral" adalah peluru kendali P-120 "Malakhit" (SS-N-9 "Siren") Buatan Uni-Soviet/Rusia. 

Rudal P-120 "Malakhit" (SS-N-9 "Siren")



Rudal P-120 memiliki 2 kepala pandu yaitu aktif (radar) dan pasif (Infra merah) yang juga beroperasi di lebih dari satu spektrum elektromagnetik (Infra merah dan Radar) Selain contoh diatas masih banyak lagi contoh lainnya misalnya varian terbaru AGM-88E HARM buatan Amerika Serikat  yang menggabungkan kepala pandu radar aktif dan kepala pandu pasif anti radiasi.

Demikian yang dapat saya tulis dalam artikel pertama ini, kurang lebihnya saya mohon maaf.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar